Sagu Aren

Posted by Saptono Rabu, 28 Juli 2010 0 komentar
SAGU AREN
Harga Rp. 8.000/250 gram (Stok kosong)


Harga 11.000/250 gram (ready)

Manfaat Sagu
Pati sagu yang berasal dari hasil ekstraksi empulur/batang sagu bebas dari bahan kimiawi, merupakan ingredien alami, layak dikonsumsi sebagai bagian dari diet tiap hari dan memiliki fungsi tertentu dalam metabolisme tubuh.

Setiap batang sagu rata-rata mengandung 250 kg pati/tepung kering dan setiap hektar dapat dipanen 100 batang/ha/tahun, sehingga dalam setahun akan diperoleh 25 ton pati/tepung sagu kering/ha. Jumlah tersebut sangat potensial untuk dikembangkan sebagai produk ”3-in-1”, yaitu produk organis, produk fungsional, dan produk bebas gluten (gluten-free). Pati sagu dapat dioleh menjadi berbagai produk organis-tradisional, antara lain: papeda, sinoli, ongol-ongol, sagu lempeng, sagu gula, sagu tumbuh, bubur ne, sagu mutiara, dan lainnya.

Disamping itu, pati sagu/tepung sagu kering sudah dapat dioleh menjadi aneka penganan/produk kontemporer-fungsional, antara lain: bika, brouwnis, rollcook, bruder, roti, mi, bakso, dan lainnya. Pati sagu mengandung 85,6% karbohidrat, 5% serat, dan beberapa nilai gizi lainnya. Menurut hasil penelitian, serat pangan adalah karbohidrat (polisakarida) dan lignin yang tidak dapat dicerna oleh enzim percernaan manusia akan sampai di usus besar (kolon) dalam keadaan utuh sehingga kebanyakan akan menjadi substrat untuk fermentasi bagi bakteri yang hidup di kolon. Serat pangan dapat diklasifikasikan berdasarkan struktur molekul dan kelarutannya.

Kebanyakan jenis karbohidrat yang sampai ke kolon tanpa terhidrolisis meliputi polisakarida yang bukan pati (non-starch polysaccharides = NSP), pati yang resisten (resistant starch = RS), dan karbohidrat rantai pendek (short chain carbohydrates = SC). RS menghasilkan hidrogen, metana, karbondioksida, serta asam lemak rantai pendek (propionat, butirat yang dapat diserap), dan menghasilkan sejumlah energi (0-3 kalori per gram). Asam lemak rantai pendek hasil fermentasi mikroba tersebut cepat diserap ke hati, dan diduga asam propionat hasil fermentasi menghambat sintesa kolesterol di dalam hati. Butirat bermanfaat untuk kesehatan sebagai pre-biotik, menjaga mikroflora usus, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi resiko terjadinya kanker usus, mengurangi resiko terjadinya kanker paru-paru, mengurangi kegemukan, mempermudah buang air besar. Disamping itu, produk sagu juga dapat digunakan untuk anak-anak penderita penyakit “authis”.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Sagu Aren
Ditulis oleh Saptono
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://forumautisme.blogspot.com/2010/07/sagu-aren.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

ricky pratama support eva's blog - Original design by Bamz | Copyright of Forum Penanganan Gizi Anak Autis .